Headlines News :
Home » , » Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara

Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara

BECAK SIANTAR | Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara. Untuk postingan kali ini, Becak Siantar akan mengajak kawan-kawan jalan-jalan alias Wisata ke sebuah kota di Tapanuli Utara Sumatera Utara. Wisata kali ini adalah tentang Wisata Rohani, dimana lagi kalau bukan Tarutung, yah... Wisata Rohani yang ada di provinsi Sumatera Utara.

Kota Tarutung di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, tak hanya dikenal dengan legenda Sisingamangaraja, raja Batak yang konon sakti dan kebal peluru. Namun daerah yang dicapai sekitar lima jam perjalanan dari Medan ini juga identik dengan wisata rohani umat Nasrani. Salah satunya adalah bukit Monumen Salib Kasih di puncak Dolok Si Atas Barita.

Berkunjung ke daerah Kabupaten Toba Samosir, jangan pernah melupakan yang satu ini sebagai referensi kunjungan perjalanan anda. Kota Tarutung. Yah, kota itu menjadi referensi kunjungan yang menarik untuk dipertimbangkan.

Di kenal sebagai Kota Wisata Rohani, karena disana terdapat Salib Kasih, Yaitu sebuah menara berbentuk salib setinggi kurang lebih 30-an meter, yang dibangun Pemerintah Tapanuli Utara di bukit Siatas Barita Tarutung. Di tempat kunjungan tersebut kita akan melihat kota tarutung dari bukit siatas Barita.

Tempat itu sangat hening, nyaman dan fresh dilengkapi fasilitas rumah doa. Rasa senang dan wah itu, membuat Anda tidak pernah melupakan moment itu.

Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara

Pengunjung yang berjalan menuju puncak bukit akan menemui sejumlah objek menarik. Di sepanjang perjalanan, terdapat sejumlah prasasti bertuliskan ayat Al Kitab. Ayat ini ditulis agar pengunjung yang tidak bosan dan dapat membacanya sembari mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Letak prasasti ini juga diatur sedemikian rupa. Pepohonan yang tinggi juga membuat udara di daerah menjadi sejuk. Hawa ini membawa pengunjung makin mendekatkan diri pada kasih Yesus.

Selain itu, sebuah Taman Kenangan tampak dibangun di jalan ke puncak. Pada taman ini, wisatawan dapat meninggalkan cenderamata mereka di sini. Setiap pengunjung yang berniat membikin suvenir seperti batu prasasti bertulis nama pribadi dapat menaruhnya di sini. Inilah mengapa tempat ini disebut Taman Kenangan sehingga pengunjung dapat melihatnya.

Beberapa saat setelah melewati Taman Kenangan, sampailah wisatawan di Salib Kasih. Mulanya monumen ini dibangun untuk mengenang pendeta Ingwer Ludwig Nommensen. Misionaris Jerman ini memiliki jasa besar menyebarkan agama Kristen di Tanah Batak, sekitar 1860-an. Saat itu, penduduk daerah ini sebagian besar masih menganut paham animisme.

Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara

Monumen cukup mencolok tingginya yakni sekitar 31 meter. Di bawahnya disediakan tempat duduk terbuka untuk acara kebaktian. Tempat duduk mampu menampung lebih 600 jemaat. Biasanya banyak umat yang datang pada Kebaktian Minggu atau perayaan Natal. Bahkan buat jemaat yang ingin berdoa lebih khusyuk, pengelola setempat juga menyediakan 13 kamar doa. Ruang 2 x 2 meter ini dapat digunakan siapa pun tanpa adanya pembatasan waktu.

Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara

Selain monumen ini, Tarutung juga mempunyai objek wisata lain seperti sumber Air Panas Sipoholon yang terletak di perbukitan kapur. Suhu air disebut bisa mencapai 70 derajat Celcius. Kandungan sulfur dan soda di tempat ini juga dipercaya masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Jika naik ke atas bukit, maka akan terlihat air panas yang menggelegak dan membentuk ukiran batu kapur. Hati-hati saat mendaki karena jalan ke atas cukup licin. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan bukit ini sebagai tempat penambangan kapur. Selain itu, penduduk juga menggunakan sumber air panas untuk membikin kolam pemandian.

Seorang pemilik kolam mengaku telah membuka usaha sejak 11 tahun silam. Pemilik kolam ini menyatakan menarik bayaran Rp 2.000 untuk tiap orang yang mandi di kolamnya. Disediakan pula kamar khusus dan sejumlah fasilitas lain untuk makan dan minum bagi wisatawan. Umumnya usaha kolam air panas di daerah ini telah dibangun sejak dekade 80-an.

Ada baiknya wisatawan juga merasakan kolam air soda di Desa Parbubu, yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Tarutung. Kolam ini disebut air soda sebab rasanya memang seperti soda. Mandi di tempat ini juga dipercaya dapat menyembuhkan aneka penyakit kulit. Air soda cukup unik dan seolah-olah mendidih dari permukaan tanah. Akan tetapi sejuk dan bening. Mumpung masih di Tarutung, tak ada salahnya dicoba!

Itulah kawan, Kota Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara. Silahkan deh untuk berwisata kesana. **Becak Siantar.

Sumber:
http://www.silaban.net/
http://www.griyawisata.com/
Related Posts Plugin for WordPress,   Blogger...
Share this article :
Terimakasih Anda telah membaca Artikel yang kami posting di atas dengan :
Judul: Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Yang dipublikasikan Oleh Abang Ringo

Besar harapan kami bahwa tulisan tentang Tarutung - Wisata Rohani di Sumatera Utara bisa memberikan manfaat dan informasi tambahan untuk Anda. Jangan lupa untuk memberikan Komentar Anda dan Menyukai Halaman Facebook Kami.

2 comments:

  1. keren,tp jauh euy dri surabaya, komen back yaw

    ReplyDelete
  2. Kan gpp dari Surabaya main-main ke Tarutung.... namanya juga Wisata. Siap bos... ketekape.

    ReplyDelete

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Catatan Khusus Gus Hikam

Pesona Pria Batak di Mata Wanita Indonesia

 
Support : Mas Template | Bos Ringo | Info Bos | Blog Tutorial
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Becak Siantar - All Rights Reserved
Pasang Iklan Anda Disini
Template ReDesign by Becak Siantar Published by Becak Siantar -