Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Ketika Kabinet Kerja Era Prisiden Jokowi 2014-2019 di Umumkan

BECAK SIANTAR - Presiden Joko Widodo, Minggu sore (26/10) telah mengumumkan susunan 34 Menteri sebagai pembantunya di Istana Negara, Jakarta. Adapun nama Kementerian ini disebut sebagai Kabinet Kerja. Tentunya ada yang senang dan yang tidak senang. Bagi yang tidak senang, bisa jadi nama-nama yang selama ini dikumandangkan tidak disebut namanya. Yang senang tentunya telah ditetapkan sebagai Menteri. Lebih lanjut Nama-nama Menteri kerja 2014 - 2019 bisa anda lihat disini (Nama-Nama 34 Menteri Kabinet Kerja 2014-2015).

Ketika Kabinet Kerja Era Prisiden Jokowi 2014-2019 di Umumkan

Muhammad AS Hikam menulis dalam akun Facebooknya mengatakan bahwa Kabinet ini merupakan kompromi maksimal yang bisa dicapai oleh Presiden Jokowi dengan 1). Para elit parpol pendukung utama (PDIP, Nasdem, PKB, dan Hanura) dan parpol yang datang belakangan (PPP); 2). Para sponsor Piplres 2014 yang memenangkan pasangan Jokowi-JK; dan 3) Para relawan, simpatisan, dan publik pada umumnya.

Lebih lanjut Prof. Hikam menuluskan bahwa, Presiden Jokowi telah melakukan sebuah terobosan penting yang bisa dijadikan konvensi dalam membentuk Kabinet oleh para Presiden selanjutnya, yaitu menggunakan lembaga anti rasuah (KPK dan PPATK) dalam proses seleksi ini. Terobosan ini bisa meningkatkan kepercayaan rakyat kepada Presiden bahwa beliau sangat serius dalam masalah kebersihan para pembantunya dari masalah korupsi. Selain itu Presiden Jokowi juga menunjuk kaum perempuan dalam jumlah terbanyak, yaitu 8 orang Menteri termasuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Dan yang penting dalam Kabinet Kerja ini Menteri Luar Negeri dijabat oleh perempuan dan yang pertama kalinya dalam sejarah RI.

Tentu tidak ada gading yang tak retak. Tidak ada ciptaan dan/atau usaha manusia yang sempurna. Karena itu yang perlu dijadikan tolok ukur kualitas Kabinet Kerja (KK) adalah kiprah para Menteri itu di masa yang akan datang. Tugas yang berat menantang di hadapan mereka dalam berbagai bidang strategis, seperti pendidikan, SDM, energi, pangan, keamanan nasional, dan kemandirian ekonomi serta kesejahteraan sosial. Selamat bekerja dan semoga sukses...!! [BS/ASHikam]


Lihat Nama-Nama 34 Menteri Kabinet Kerja 2014-2015
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.