Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Fenomena TS Balon Walikota Pilkada Siantar Di Dunia Maya

BECAKSIANTAR.COM - Ketika otak pindah ke lutut, Mulut pindah ke bokong semoga tidak ditambah dengan tulang kropos (lutut kosong) dan Diare.

Fenomena TS Balon Walikota Pilkada Siantar Di Dunia Maya

Masih jelas dalam ingatan kita ketika Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014 yang telah kita lalui, tepatnya 9 Juli 2014, dimana kampanye hitam (black campaign) menjadi ajang yang senantiasa berkumandang di media - media termasuk media sosial (medsos / sosmed) tentunya. Segala caci maki, bertaburan ke segala penjuru arah, Segala fitnah memenuhi ruang dan waktu, Para politikus dadakan pun bak jamur subur di musim hujan.

Fenomena black campaign ini pun menjalar bak virus yang cepat menyebar kemana-mana. Bukan hanya terjadi pada saat Pilpres 2014 saja, malah menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di setiap daerah black campaign pun mulai dilancarkan. Salah satu contohnya adalah jelang Pilkada Pematang Siantar. Pilkada ini rencananya akan dilaksanakan secara serentak di tahun 2015 ini, walau kabar-kabarnya, pesta rakyat 5 tahunan ini belum pasti kapan dilaksanakan. Tapi black campaign sudah mulai terlihat di mana-mana.

Fenomena TS Balon Walikota Pilkada Siantar Di Dunia Maya
Tahun ini, Pilkada P. Siantar akan tiba. Jumlah Kandidat atau Bakal Calon (Balon) Walikota dikabarkan lebih dari belasan. Dari sisi positifnya, bahwa Anak Siantar atau Putra Daerah atau biasa disebut Siantarmen sudah memiliki lebih dari 1 (satu) calon-calon pemimpin yang siap membangun Kota Siantar. Sisi negatifnya adalah tidak menerima orang lain yang memimpin, dengan kata lain: Situ Bisa, Sini pun Bisa, tanpa memikirkan ruginya (risiko), dimana mentang-mentang punya uang banyak langsung menggangap dirinya mampu. Selain itu dipastikan Siantar akan menjadi semraut dengan aneka baliho-baliho, poster - poster, dll.

Pilkada P. Siantar ini pun menjadi buah bibir di Medsos-medsos yang mengatasnamakan Anak Siantar. Perbincangan mengenai Balon-Balon Walikota menjadi sarapan pagi dan makan siang juga makan malam. Tak tanggung-tanggung, para pendukung (Tim Sukses / TS) salah satu Kandidat pun beradu pendapat dari A sampai Z. Bahkan sampai-sampai melakukan black campaign. Anehnya, black campaign yang dilakukan sampai-sampai menjurus ke hal-hal merusak persahabatan.

Salah satu media sosial hasil ciptaan Mark Zuckerberg yaitu Facebook, yang di dalamnya ada sebuah Group (group ini merupakan ajang komunikasi antar anggota). Group Facebook ini pun dimanfaatkan oleh para pendukung, relawan, TS, TR atau pun sejenisnya untuk melakukan aksinya dalam black campaign. Tak tanggung-tanggung, antara pendukung, relawan, TS, TR atau pun sejenisnya itu saling adu argumen satu sama lain sampai terjadi pertengkaran alias perdebatan yang serius, bahkan bila Pengelola Group Facebook tersebut menjadi tokoh utama (TS) salah satu Balon, maka member yang bertentangan / tidak sepaham (beda dukungan) pun akan langsung dikeluarkan dari keanggotaan Group tsb. Ironis bukan.

Di Group Facebook tersebut genderang perang telah ditiupkan walau even Pilkada yang sebenarnya belum disahkan. Caci maki, fitnah atau black Campaign sepertinya sudah mendarah-daging. Penyakit amnesia tingkat akut sepertinya lagi trend di sana, statement-statement yang anti black campaign, anti fitnah, anti caci maki seolah-olah lenyap ditelan bumi. Ada yang mengatakan demi hepeng, demi proyek, demi 4 juta, penjilat dll? Benarkah ? dimanakah Idealisme itu?

Yang menjadi pertanyaan saya, Sebenarnya para TS ini cinta Siantar atau Balon yah?

Harapan kami, semoga para TS ini tetap mencintai Siantar menjaga Kota Siantar dengan baik, juga tetap menjalin hubungan yang baik meski berbeda dukungan. Dengan demikian kelak Kota Siantar mendapatkan pemimpin yang menjadi teladan bagi masyarakat Siantar. Salam Siantarmen.***

Oleh: Henri Sinaga
(Anggota Group Facebooker: Anak Siantar, Group Anak Siantar/GAS, Jonggara Anak Siantar/JAS)
Penyunting: Admin BecakSiantar.com
loading...

1 comment :

  1. artikelnya sangat bermanfaat dan membantu menambah wawasan saya,, terus semangat menulis artikel yang bermanfaat lainnya gan.
    thanks ya..

    ReplyDelete

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.