Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Mengenal Dekat Wesly Silalahi Calon Walikota Siantar

BECAKSIANTAR.COM - Salah satu Kandidat atau Calon Walikota Siantar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pematangsiantar 2015 adalah Wesly Silalahi (WS). Nama beliau termasuk diperhitungkan untuk menjadi Siantar 1 di Kota Pendidikan ini. Siapakah beliau? Simak lebh lanjut di bawah ini yang diadopsi / disadur dari berbagai sumber.

Mengenal Dekat Wesly Silalahi Calon Walikota Siantar
WeslySilalahi.com
Wesly Silalahi Calon Walikota Siantar

Wesly Silalahi “Kembali Ke Kampung Halaman”
Kota Pematangsiantar adalah salah bagian dari propinsi Sumatera Utara, dan kota terbesar kedua di provinsi tersebut setelah Medan. Karena letak Pematangsiantar yang strategis, ia dilintasi oleh Jalan Lintas Sumatera. Kota ini memiliki luas wilayah 79,97 km2 dan berpenduduk sebanyak 240.787 jiwa (2000).

Kota Pematangsiantar yang hanya berjarak 128 km dari Medan dan 52 km dari Parapat sering menjadi kota perlintasan bag Wisatawan yang hendak ke Danau Toba.

Keindahan yang terdapat kota ini memang sulit untuk dilupakan, meskipun pria kelahiran Kota Siantar 12 Oktober 1959 telah berpuluh – puluh tahun berada dirantau orang, tapi kenangan masa kecil saat bermain dengan teman – teman masa kecil saat mengecap pendidikan di SD Negeri 56 jalan Jati Kelurahan Kahean masih rapi tersimpan di hatinya.

Pria yang jua mengecap pendidikan di SMAN 2 Siantar ini ingin sekali berbuat sesuatu kepada kota kelahirannya, Ia ingin mengabdikan segala akal dan pikiran yang dimilikinya demi kemajuan kota, Ia ingin sekali berkarya mengembalikan kejayaan Pendidikan Kota Siantar yang dahulunya sangat dikenal tapi saat ini kejayaan itu sebagai kota pendidikan itu perlahan – lahan mulai redup

Pria yang dikenal pekerja keras ini, menegaskan terjadinya degradasi kualitas pendidikan dikota yang memikliki keanekaragaman adat istiadat ini dikarenakan pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan tidak memiliki strategi dan inovasi yang begitu baik dalam menghasilkan tenaga pendidik dan anak didik yang berkualitas.

Hal ini terjadi karena Pemerintah kota ini masih memberikan perhatian dan kepedulian “Setengah Hati” dalam memajukan dunia pendidikan itu sendiri, Ia menegaskan kepedulian dan perhatian terhadap dunia pendidikan harusnya dilakukan secara masksimal, seperti guru sebagai tenaga pendidik harus di motivasi dan dihargai dengan cara berikan penghargaan bila berhasil menemukan sebuah inovasi atau hal – hal yang bersifat baru guna menunjang mutu pendidikan tersebut.

Serta perhatian kepada anak didik sebagai juga tidak boleh dilupakan, seperti memberikan motivasi dan dukungan material berupa bea siswa kepada siswa berprestasi yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.

Wesly juga memiliki program untuk membangun SMA Plus setara dengan SMA Plus Soposurung yang terdapat dikabupaten Toba Samosir, SMA Plus ini nantinya akan diperlengkapi dengan segala fasillitas yang berteknologi terbaru, seperti laboratorium komputer, laboratorium bahasa.

Dengan adanya SMA Plus ini nantinya diharapkan kota Siantar kembali lagi dikenal sebagai kota Pendidikan seperti sedia kala, Ia berjanji akan meneruskan program pendidikan yang dinilai baik oleh masyarakat, serta ia juga akan berikan segala daya dan upaya untuk ciptakan inovasi baru dalam dunia pendidikan tersebut”, tegas pria yang beristrikan Lisnawati Sinaga dan memiliki

Wesly Silalahi yang bermotto, "Kembali Ke Kampung Halaman" ini, juga menjelaskan, perhatian kepada anak didik sebagai juga tidak boleh dilupakan, seperti memberikan motivasi dan dukungan material berupa bea siswa kepada siswa berprestasi yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.

Perhatian kepada anak didik itu harus lebih difokuskan, tegas pria Alumni SMP Katholik Cinta Rakyat kota Siantar ini, kutipan – kutipan yang terjadi ditiap sekolah harus dihapuskan karena pengutipan ini akan membebani anak didik yang ebrasal dari kelaurga yang tidak mampu, “Pungli harus dihilangkan karena pungli itu akan merusak kualitas pendidikan di kota tercinta ini”, tegasnya.

Pria yang memiliki 3 anak ini juga berencana sediakan bus angkutan gratis bagi sisiwa/siswi, sambung pria yang bermotto “Bekerja dan Bermasyarakat Senantiasa Melibatkan Kearifan Lokal ini” penyediaan bus angkutan gratis ini untuk memudahkan anak didik untuk tiba disekolah, dimana bus angkutan iuni akan beroperasi pada pukul 06 – 08 Wib dan pukul 12.00 – 15.00 Wib setiap harinya.

Terobosan Wesly Silalahi dalam bidang pendidikan tidak berakhir di situ saja, karena beliau secara bertahap menargetkan berikan bantuan kepada siswa SMA / SMK yang ingin melanjutkan kulaih akan mendapatkan bantuan langsung sebesar Rp 1.000.000.

Sambung pria lulusan Program pasca Sarjana Kenotariatan Universitas Indonesia ini, Adapun syaratnya, calon mahasiswa terebut hanya menunjukkan bukti Kartu Tanda Mahasisiwa ( KTM ) baik mahasiswa negeri atau pun swasta, Wesly Silalahi menjelaskan bantuan ini berguna untuk merangsang siswa / siswi yang ingin berkuliah agar semangat dalam menjalankan pendidikan tingginya, ujar pria yang mengecap pendidikan dasar di SDN 05 Jalan Cemara kota Siantar ini. - Penarakyatsiantar.com.

Wesly Silalahi Siap Membangun Siantar bersama Pemuda
Calon Walikota Pematangsiantar Wesly Silalahi, SE, SH, M.Kn seorang pengusaha di Jakarta kini pulang kampung ke kota Pematangsiantar, Wesly Silalahi ingin mewujudkan kota Siantar yang maju dalam segala bidang, baik ekonomi, olahraga, dan pendidikan.

Saya siap membangun Siantar bersama pemuda Siantar yang kreatif, baik kreatif dalam bidang pendidikan, olahraga seni maupun usaha kecil dan menengah,” kata Wesly Silalahi Asli anak Parluasan kota Pematangsiantar ini, Jumat (20/3/2015) saat acara ceramah “Peranan Generasi Muda Untuk Membangun Kota Pematangsiantar” di Hall Hotel Horison jalan Medan kota Pematangsiantar yang dilaksanakan GAMKI (Gerakan Angakatan Muda Kristen Indonesia Kota Pematangsiantar.

Menurut Wesly Silalahi, sebenarnya SDM pemuda kota Pematangsiantar tidak kalah dari SDM yang ada di Sumatera Utara, bahkan Nasional sekalipun, tapi karena ada hambatan fasilitas yang dibutuhkan pemuda Siantar, akhirnya Siantar ketinggalan jauh dari pemuda lainnya yang ada di Sumatera Utara.

Dapat kita bayangkan, pemuda kita saat ini sangat jarang kita lihat berprestasi, baik pendidikan dan olahraga. Yang lebih mencolok yaitu olahraga, tak ada saat ini yang dapat kita banggakan dari cabang olahraga kita. Dulu kita sempat berjaya dalam prestasi olahraga baik Tinju, Karate maupun Gulat,”kata Wesly mantan bendahara umum Gulat Seluruh Indonesia, yang siap membangun fasilitas-fasilitas pemuda mulai dari fasilitas olahraga, dan seni kreatif.

Lebih jauh Wesly Silalahi mengatakan, bila pemuda dan masyarakat kota Siantar mendukung saya sebagai walikota, saya akan kembangkan semua olahraga yang ada di kota Pematangsiantar, baik failitas, perlengkapan dan peralatan latihannya.

Untuk apa rumah dinas walikota besar-besar, kalau tidak difunsikan, seharusnya rumah dinas itu untuk masyarakat menyampaikan aspirasi, bila perlu rumah dinas walikota dibuat rumah baca, tempat olahraga dan lainnya,”ujar Wesly bila terpilih menjadi walikota Siantar akan membuka selebar-lebarnya rumah dinas walikota untuk kepentingan masyarakat. - Lintaspublik.com

Visi Mengembalikan Kejayaan Pendidikan di Kota Siantar
Pendidikan adalah kunci pembangunan sumber daya manusia yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat di segala aspek.

Oleh karena itu, mengutamakan pendidikan sebagai modal pembangunan kejayaan kota Siantar adalah visi dari Wesly Silalahi, Siantar Kota Pendidikan.

Visi Wesly Silalahi untuk mengembalikan kejayaan pendidikan di kota Siantar ini dituangkan dalam manajemen pendidikan seperti yang tertuang dalam program kerja berikut :
  1. Meningkatkan mutu pendidikan di seluruh jenjang pendidikan di Kota Siantar, yaitu SD, SMP, SMA/SMK, dengan membentuk kurikulum pendidikan yang mewadahi sisi akademis, sisi emosional, dan sisi kerohanian siswa/i-nya menuju sekolah yang berkualitas dan menjadi sekolah percontohan.
  2. Menghapus pungutan-pungutan liar untuk masuk sekolah negeri.
  3. Mengupayakan kerjasama “sister school” antar sekolah-sekolah di Siantar dengan sekolah-sekolah baik di dalam maupun di luar negeri dengan mengeluarkan Peraturan Daerah untuk memfasilitasi program kerja tersebut.
  4. Membenahi dan memberikan dukungan penuh ke sekolah-sekolah kejuruan di Kota Siantar, agar para lulusannya memiliki kemudahan akses dalam mencari pekerjaan; dan terutama mengasah keterampilan dan mental untuk berwirausaha.
  5. Memperjuangkan berdirinya Universitas/Perguruan Tinggi Negeri di Kota Siantar.
  6. Mendukung Perguruan Tinggi Swasta di kota Siantar dalam membentuk mahasiswa yang unggul dalam persaingan kerja, serta memacu keterampilan dan mental untuk berwirausaha.
Mari kita bangun kembali kejayaan pendidikan kota Pematang Siantar yang kita cintai dan banggakan. Agar para pemuda-pemudi Siantar, para generasi penerus, semakin bisa berkarya, membawa perubahan yang lebih baik untuk untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Siantar. - Weslysilalahi.com

Kota Siantar Akan Di Bangun Arena Olah Raga Dalam Satu Lokasi
Beberapa tahun lalu kota Siantar masih menghasilkan atlet - atlet bertaraf nasional, terciptanya atlet - atlet nasional yang bertaraf nasional itu karena adanya kepedulian dan perhatian yang serius dari pemerintah kota Siantar sebelumnya.

Beberapa atlit kota Siantar yang berhasil meraih predikat terbaik di tingkat nasional diwaktu terdahulu yakni petinju Lamhot Simamora, Riki Sikumbang mengikuti kejuaraan tinju tingkat internasional di Jepang kelas 69 kg.Tapi saat ini, atlet atlet kota Siantar yang dahulunya berjaya di taraf nasional seakan - akan tidak pernah terlihat lagi saat ini.

Minimnya prestasi olah raga yang diraih kota Siantar saat ini karena Pemko Siantar tidak memiliki program kerja yang terarah untuk membangkitkan semangat dan antusias kaula muda untuk menggeluti cabang - cabang olah raga tersebut.

Hal lainnya yang mengakibatkan pemuda - pemudi kota Siantar enggan untuk menggeluti cabang olah raga, karena fasilitas pendukung untuk melaksanakan kegiatan olah raga itu belum tersedia dengan baik.

malah fasilitas arena olah raga yang tersedia saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, seperti kondisi lapangan sepak bola Sang Naualuh yang kondisinya seperti kubangan kerbau dan sangat tidak layak digunakan untuk bersepakbola.

Kedepannya, Kota Siantar akan berikan perhatian yang lebih baik lagi untuk peningkatan prestasi olah raga di kota ini, hal ini bertujuan supaya kota Siantar memiliki prestasi di tingkat nasional bahkan internasional seperti waktu terdahulu lagi.

Kinerja yang akan dilaksanakan pria yang lahir dikota Siantar ini 57 tahun lalu, dirinya berencanan akan melaksanakan pembangunan gedung arena olah raga satu lokasi layak arena pusat pelatihan terkordinasi olah raga.

Imbuh pria yang mencalonkan diri menjadi calon Walikota Siantar 2015 - 2020 ini, "Supaya atlit - atlit yang hendak melakukan pelatihan cabang - cabang olah raga dapat mudah menuju lokasi, hal ini akan mendoront atlit - atlit kota Siantar akan lebih antuisas dan gencar untuk berprestasi di tingkat nasional dan internasional", harapnya. - Penarakyatsiantar.com

Profil Lengkap Wesly Silalahi
  • Nama: Wesly Silalahi, SE, SH, M.Kn
  • Tempat/Tgl. Lahir: Pematangsiantar, 12 Oktober 1959
  • Agama: Kristen Protestan
  • Status: Menikahdan mempunyai 3 anak
  • Istri: Liswaty Sinaga
  • Ayah: Wongso Silalahi (Pensiunan Pegawai Pemkab Simalungun)
  • Ibu: Aminah Sinaga (Pensiunan Guru SD Negeri Pematangsiantar)

Pendidikan Formal:
  • 1965 – 1971: SD Negeri 56 Pematangsiantar
  • 1972 – 1974: SMP Katolik Cinta Rakyat Pematangsiantar
  • 1975 – 1977: SMA Negeri 2 Pematangsiantar
  • 1978 – 1983: Strata Satu Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta
  • 2003 – 2008: Strata Satu Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta
  • 2010 – 2012: Pascasarjana (S-2), Magister Kenotariatan Universitas Indonesia, Jakarta

Pengalaman Kerja:
  • 2014 – Sekarang: PPAT Wilayah Bekasi Kota
  • 2013 – Sekarang: PT. Gogo Travel, Komisaris
  • 2010 – 2014: Program Kerjasama Kemitraan PLN dengan PT. Tenindo Cakar Utama, Penguatan Sistem Jaringandan Transformator 20 KVA area Jabodetabek
  • 2008 – Sekarang: PT. Sinar Prapanca Security Services, Komisaris
  • 2002 – Sekarang: PT. Manggala PurnamaSakti, Komisaris
  • 1997 – Sekarang: Kontrak Karya Antara PT. Asih Silapurna dengan PT. Tambang Putih Tbk
  • 1996 – Sekarang: PT. Tenindo Cakar Utama, Komisaris
  • 1996 – 2000: Program Kemitraan dalam Proyek Regional Environmental Laboratory Development (RELD) dalam rangka Pelestarian Lingkungan Hidup dan Penurunan Emisi Polusi seluruh Propinsi di Indonesia – kerjasama G to G antara Bapedal Labax International Corporation Australia, University of Queensland Australia dan PT. Tenindo Cakar Utama
  • 1992 – Sekarang: PT. AsihSilapurna, Direktur Utama
  • 1991 – 2000: PT. United Tractor khusus untuk PLN, Appointed Sole Agent Divisi Generating Set
  • 1989 – 1996: Program Kemitraan dengan PLN dalam rangka Elektrifikasi Daerah Terpencil dan Tertinggal (Rural Electrification)
  • 1985 – 1990: PT. Sungai Mas Rayindonusa, GM Marketing Divisi Power Plant

Pengalaman Organisasi:
  • 1993 – 1999 : Bendahara Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) – KONI Pusat
Sumber: Weslysilalahi.com - Penarakyatsiantar.com - Lintaspublik.com
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.