Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Mengenal Dekat Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar

BECAKSIANTAR.COM - Salah satu kandidat untuk menuju Kursi Siantar 1 pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Kota Siantar adalah Yunus Timotheus. Pria kelahiran 19 Juni 1962, Kampung Karo, Jalan Sibolga Pematang Siantar ini Pulang Kampung dari Tanah Rantau untuk membangun Kota Kelahirannya Kota Siantar. Dan dengan Motto "Benar, Bersih, dan Berani", Beliau memproklamirkan untuk maju sebagai Bakal Calon (Balon) Walikota Siantar lewat jalur Independent ini. Profesi beliau adalah sebagai Konsultan Hukum (Pengacara), Motivator atau Pembicara Seminar dan seorang Pengkhotbah. Siapakah sosok flamboyan ini, yuk kita simak di bawah ini.

Mengenal Dekat Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar

Mengenal Dekat Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar 
Barangkali belum sebegitu banyak warga Pematangsiantar yang mengenal sosok satu ini, Yunus Timotheus SH. Pria kelahiran Pematangsiantar, 19 Juni 1962 ini memang tak setenar Hulman Sitorus, yang adalah Wali Kota Pematangsiantar saat ini. Maklum, Hulman tiap hari dibidik kamera dan sumber berita wartawan.

Namun itu tak mengurangi semangat Yunus untuk menyatakan keinginannya membangun kota kelahirannya. Sebagai Siantar Man, tentu tidak ada kata gentar terutama misalnya diperhadapkan dengan para kompetitor yang uangnya melimpah atau popularitasnya wah.

Bagi pria yang pernah mengecap pendidikan di IKIP Bandung dan Universitas Katolik Parahyangan Bandung, urusan Hukum ini, niat baik membangun kotanya tak selalu harus distarting uang melimpah. Kota ini tak cuma butuh uang, tetapi butuh sentuhan yang lihai dalam memajukan kota dan warganya menjadi orang-orang hebat.

Yunus, alumnus SMP Cinta Rakyat Jalan Sibolga, Pematangsiantar tahun 1979, tentu sudah menyiapkan strategi jitu dalam memenangkan hati rakyat Pematangsiantar, guna memberikan kepercayaan baginya lima tahun ke depan menggantikan kursi Hulman yang tuntas September 2015.

Visi Misi Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar
Seperti yang dilansir oleh Siantarnews.net, Minggu (01/02/15), Visi Misi Yunus Timotheus bila kelak terpilih sebagai Walikota adalah: Membangun Siantar Menjadi Kota yang:

1. Hebat Pelayanan Publiknya
Cepat, murah, ramah, tanpa pungli, tanpa dipersulit.

2. Hebat Kualitas Pendidikannya
Murid-murid pintar, juara dan berkarakter positif.

3. Hebat Pelayanan Kesehatannya
Dokter dan paramedisnya berkualitas, peralatannya memadai, gratis biaya berobat bagi rakyat miskin, ramah pelayanannya,

4. Hebat Pertumbuhan Perekonomiannya
Maju bisnis kulinernya, berkembang bisnis pariwisatanya, meningkat nilai perdagangannya, tumbuh ekonomi kreatifnya, tingkat pengangguran semakin kecil.

5. Hebat Pengembangan Seni dan Budayanya
Kesenian tradisional dibina dan diberi ruang untuk tampil. Bakat seni para remaja diasah dengan mengadakan berbagai kejuaraan di Pematangsiantar, pemenangnya dikirim ke tingkat provinsi dan nasional.

6. Hebat Prestasi Olah Raganya
Kompetisi sepak bola, volley, atletik, tenis meja, berenang dsb akan digiatkan kembali di seluruh sekolah mulai dari SD, SMP sampai SMA. Juara-juara dikirim untuk mengikuti even di tingkat provinsi dan nasional.

"Persesi kompetisinya digulirkan kembali dan akan dicari sponsor untuk mendanai Persesi sehingga bisa berprestasi dan tampil di tingkat Sumut dan Nasional. Stadion sepak bola direnovasi, GOR dibangun kembali sehingga menjadi salah satu kebanggaan kota Siantar," tandasnya.

7. Hebat Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban Kotanya
Taman Bunga akan ditata dengan baik supaya semakin cantik, indah, bersih, rapih dan jadi kebanggaan Pematangsiantar sebagai Ikon kota.

"Jalan-jalan utama seperti Jalan Ahmad Yani, Sutomo, Merdeka akan dipercantik dengan lampu-lampu hias, pot-pot bunga dan ditata perparkirannya supaya tidak semrawut.," ujarnya lagi. "Lalu lintasnya akan diatur kembali atau direkayasa ulang sehingga bisa mengurangi kemacetan. Pedagang Kaki Lima akan ditata kembali supaya trotoar bisa dipakai oleh pejalan kaki dan terlihat lebih rapih, bersih dan indah."

8. Hebat Kualitas Spiritualisme Penduduknya
Penduduknya menjadi umat yang rajin beribadah, menjadi orang yang soleh baik dari sisi rohani maupun sosial serta taat pada ketentuan hukum. Kerukunan beragama terjalin dengan indah. Keharmonisan antar suku juga dibangun dan berjalan dengan damai dan harmonis. Ketaatan warga terhadap peraturan, ketertiban umum, sopan santun berlalu lintas sangat menonjol dalam kegiatan sehari-hari sebagai pengejawantahan umat beragama yang taat pada tuntunan ajaran agamanya.

Pendidikan di Kota Siantar menurut Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar
Beberapa waktu yang lalu (Sabtu, 04/04/15) sebuah Media Sosial Facebook Group Anak Siantar (GAS) mengadakan diskusi / iteraksi bersama dan saling tanya-jawab mengenai Pendidikan di Kota Pematangsiantar. Adapun ide-ide yang dipaparkan oleh Yunus Timotheus, sebagai berikut:

Membahas Siantar sebagai kota Pendidikan yang bermutu tinggi maka inilah pokok-pokok pikiran Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar:
  1. Guru-guru yang ada di Siantar harus ditingkatkan kemampuan mengajar dan mendidiknya. Caranya, datangkan guru-guru dari sekolah-sekolah yang sudah terbukti bermutu tinggi baik yang ada di Sumatera maupun di Jawa untuk berbagi ilmu kepada guru-guru yang ada di Siantar. Mungkin ada metode pengajaran baru yang belum diketahui atau belum diterapkan oleh guru-guru di Siantar, dengan cara ini bisa diterapkan di Siantar.
  2. Peralatan seperti Laboratorium harus memadai. Caranya bisa dengan menganggarkan di APBD, bisa dengan meminta bantuan dana dari perusahaan swasta lewat CSRnya, bisa juga dengan minta bantuan dari Luar negeri.
  3. Kedisiplinan para guru dan siswa harus ditingkatkan, baik dalam hal berpakaian, berbicara, berperilaku dsb. Intinya, pendidikan karakter harus benar-benar menjadi perhatian di semua sekolah di Siantar. Salah satu rencana yang akan diterapkan adalah mengadakan Pelatihan Positive Thinking untuk para guru dan siswa/i di seluruh sekolah di Siantar sehingga kehidupan para guru dan siswa/i menjadi positif.
  4. Setiap penerimaan raport, semua siswa/i berprestasi akan kuundang untuk makan malam bersama dengan walikota, berphoto bersama secara pribadi dengan walikota dan bisa ngobrol sama walikota. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi murid-murid lainnya agar rajin belajar dan menjadi juara.
  5. Rajin mengunjungi sekolah-sekolah untuk bertemu dengan kepala sekolah, guru-guru dan para siswa/i. Dengan melakukan kunjungan ini aku bisa mendengarkan sekiranya ada keluhan dari sekolah dan membantu menyelesaikannya serta memotivasi kepala sekolah, guru-guru dan murid-murid agar mereka bersama-sama meningkatkan prestasi sekolah mereka
  6. Semua kepala sekolah di sekolah negeri diangkat berdasarkan kemampuannha lewat seleksi, jadi tidak ada lagi main uang untuk mendapatkan jabatan. Dengan demikian para kepala sekolah akan dinilai prestasinya dalam meningkatkan kualitas sekolahnya. Yang tidak bisa mengangkat prestasi sekolah akan diganti dengan kepala sekolah yang baru. Dengan cara ini semua kepala sekolah akan berusaha sebaik mungkin untuk bisa berprestasi.

"Prinsipku sederhana, hanya sapu bersih yang bisa membersihkan lantai yang kotor. Hanya cara yang benar dan bersih yang bisa diandalkan untuk membangun Siantar menjadi kota idaman semua rakyat Siantar. Oleh karena itu pilihlah walikota yang Benar, Bersih dan Berani." Kata Yunus Tomhoteus dalam Diskusi Interaksi di Media Sosial Facebook Group Anak Siantar pada 27 Maret 2015.

Profil Lengkap Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar

Profil Lengkap Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar

Nama Lengkap: Yunus Timotheus SH
Tempat/Tgl Lahir: Pematangsiantar, 19 Juni 1962
Pekerjaan: Pengacara, Konsultan HRD, Motivator / Pembicara Seminar, Pengkhotbah
Pendidikan Terakhir: IKIP Bandung dan Sarjana Hukum Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan Bandung

Lain-lain:
  • Pendiri Kantor Hukum Idaman (Anggota Peradi)
  • Pendiri Sekolah Berikir Positif Idaman (SBPI)
  • Penulis Buku "Seabdainya Semua Orang Berpikiran Positif"
  • Penerima Penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia) Tahun 2002 untuk Rekor Talk Show terbanyak di Radio FM di Kota Bandung
  • Ketua Gaperatex Mentari Se-Bandung Raya, Pengurus IMA Jabar, Pengurus PD Jemaat Pertama, Ketua Ikatan Alumni BPK Penabur Bandung
Motto: "Benar, Bersih, dan Berani".

Yunus Timotheus, SH berpasangan dengan Oslyne Pasaribu
Baliho Yunus Timotheus, SH berpasangan dengan Oslyne Pasaribu

Yunus Timotheus, SH berpasangan dengan Oslyne Pasaribu
Bapak Yunus Timotheus dalam Pilkada 2015 Siantar maju bersama Oslyne Pasaribu untuk menuju Walikota dan Wakil Walikota Siantar untuk 5 tahun ke depan.

10 Komitmen Yunus Timotheus, SH dan Oslyne Pasaribu:
  1. Gaji selama 5 tahun akan disumbangkan ke Yayasan guna membantu orang miskin bisa sekolah dan berobat
  2. Mobil dinas tidak usah diganti sama yg baru
  3. Siap untuk Bekerja Keras dengan lebih banyak berada di lapangan dari pada di kantor
  4. Lelang Jabatan di semua tingkatan, tidak ada yg boleh meminta/membayar kepada siapapun juga. Kalau ketahuan, akan dianulir dan dicopot jabatannya baik yg meminta maupun yg memberi.
  5. APBD dan semua program Pemko akan transparan, siapapun boleh mengetahuinya
  6. No HP akan dimumkan kepada masyarakat agar masyarakat yg akan mengajukan keluhan bisa langsung ke walikota
  7. Apabila selama dua tahun menjabat tapi tidak menjalankan janji kampanye atau tidak berprestasi, siap turun dari jabatan Sbg walikota secara sukarela.
  8. No money politic/tidak akan melakukan politik uang, semua anggota tim relawan tidak ada yg dibayar. Biaya kampanye hanya 1 M saja
  9. Untuk mendapatkan KTP dukungan tidak akan membayar satu rupiah pun kpd pemberi KTP dan TR yg mengumpulkannya.
  10. Mengandalkan Doa, tidak mengandalkan Duit

Catatan: 10 komitmen ini akan dibuat secara tertulis di depan notaris.

Posko Pemenangan Pilkada Siantar untuk Yunus Timhoteus:
Jl, Sarinembah 27, Pematangsiantar.

Itulah Sosok Yunus Timotheus Balon Walikota Siantar 2015 - 2020. Semua kembali kepada Masyarakat Siantar. Horas. BS.***
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.