Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Hot News: Pesawat Hercules Jatuh di Medan

BECAKSIANTAR.COM - Sebuah pesawat militer berjenis Hercules jatuh di Kota Medan, Sumatera Utara, tepatnya di Jalan Jamin Ginting. Insiden terjadi sekitar pukul 11.50 Waktu Indonesia Barat.

Hot News: Pesawat Hercules Jatuh di Medan

Badan pesawat yang terbakar terlihat di ruas jalan. Sejumlah rumah rusak tertimpa puing pesawat. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Pesawat dilaporkan terbang dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, Medan. "Pesawat Hercules jatuh seperti Mandala dulu jatuh di tempat yang sama di Medan," tulis Pengguna Twitter LaRVa @kakapampam.

Musibah kecelakaan pesawat sebelumnya juga terjadi di Jalan Jamin Ginting pada 5 September 2005.

Mandala Airlines berjenis Boeing 737-200 buatan tahun 1981 bernomor penerbangan RI-091 yang membawa 112 penumpang dan lima awak pesawat tersebut jatuh dan meledak di Jalan Jamin Ginting, kawasan Padang Bulan, Kota Medan, sesaat setelah lepas landas dari Bandar Udara Polonia pukul 10.06. Pesawat itu rencananya akan bertolak ke Jakarta via Padang. (Liputan6.com)

Saksi: Sebelum Jatuh Hercules Meledak di Udara
(CNN Indonesia)

Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) terlihat meledak di udara sebelum jatuh di Jalan Letjen Jamin Ginting KM 10, Padang Bulan, Kota Medan, Sumatera Utara, hari ini, Selasa (30/6). Ardanish Septi Briyani Putri, seorang saksi mata di lokasi kejadian melihat ledakan pesawat tersebut sebelum jatuh.

Kepada CNN Indonesia Ardanish bercerita, dia awalnya mendengar suara gemuruh pesawat yang terasa sangat dekat. “Kafe tempat saya kerja persis di depan pesawat itu jatuh. Waktu masih di atas saya lihat pesawat tiba-tiba meledak di udara, di langit jadi warna oranye semua, warna api,” kata Ardanish.

Ardanish mengatakan, hawa panas dari api yang berkobar hebat di udara terasa hingga ke dalam Lesehan Bambu Hijau, tempat dia bekerja. "Getaran juga terasa sekali," ujarnya.

Ardanish menuturkan, baling-baling Hercules terlihat menyangkut di atas sebuah rumah toko (ruko) dan badan pesawat jatuh di tempat pemandian rempah. Persis di belakang ruko itu terdapat Perumahan Golden Vista yang masih dalam proses pembangunan.

“Pesawat jatuh sekitar jam 12.00, persis di sebelah Hotel Beraspati yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting KM 10,2. Tembok hotel kena sedikit waktu pesawat jatuh,” tutur Ardanish.

Ardanish yang berada persis di seberang lokasi pesawat jatuh, sempat mendengar bahwa ada 12 korban luka. Namun yang dapat dia konfirmasi terkena kejatuhan pesawat yaitu sejumlah karyawan di pemandian rempah yaitu penjaga kantin bernama Siti; petugas kasir Arni Walidah; serta dua orang room boy bernama Anas dan Ari.

“Saya kenal sama empat orang ini. Mereka sudah dibawa ke rumah sakit. Saya enggak tahu kondisinya,” kata Ardanish.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Hercules jatuh di Jalan Letjan Jamin Ginting, Padang Bulan, Kota Medan, Sumatera Utara. Hingga kini, sudah ada lima jenazah yang diterima RS Adam Malik yang merupakan korban pesawat jatuh tersebut.

Korban Hercules Jatuh Mulai Masuk ke RS Adam Malik
(CNN Indonesia)

Korban pesawat Hercules yang dikabarkan jatuh di Medan, mulai dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. Tapi jumlahnya belum diketahui.

Pesawat Hercules Jatuh di Medan - Korban Hercules Jatuh Mulai Masuk ke RS Adam Malik

Menurut penuturan Halimah, staf humas rumah sakit itu kepada CNN Indonesia, Selasa (30/6), sudah mulai ada ambulans yang masuk membawa korban dari kecelakaan tersebut.

“Sudah masuk tadi, dua ambulans,” kata Halimah.

Tapi Halimah belum tahu berapa korban yang masuk. Termasuk jumlah total kecelakaan pesawat tersebut. “Yang kami tahu, yang terlibat kecelakaan pesawat Hercules,” katanya.

Pesawat Hercules Jatuh Sempat Minta Izin Balik ke Pangkalan
(CNN Indonesia)

Otoritas transportasi melaporkan pesawat Hercules C-130 yang dioperatori oleh TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor registrasi A1310 sempat meminta izin untuk kembali ke Lapangan Udara (Lanud) Suwondo, Medan sesaat sebelum terjatuh.

Pesawat Hercules Jatuh Sempat Minta Izin Balik ke Pangkalan

“Pesawat tersebut take off dari runway 23 Lanud Suwondo pukul 11.48 waktu setempat menuju Tanjung Pinang. Kemudian saat akan ditransfer ke Medan Approach Control (APP), pilot sempat request return to base (RTB),” ujar informasi yang beredar di para awak media yang bertugas di Kementerian Perhubungan.

"Sesaat kemudian pesawat berbelok ke kanan dan crashed sebelum kontak dengan menara pengawas Medan," bunyi laporan tersebut.

Foto Insiden Jatuhnya Hercules di Medan Terekam di Twitter

Pesawat militer yang diduga jenis Hercules jatuh menimpa rumah warga di kota Medan. Netizen yang berada di lokasi berhasil mengabadikan beberapa foto insiden tersebut.

Seperti yang dilaporkan pengguna Twitter dengan akun @bonar_Sipayung. Ia mengunggah sebuah foto kepulan asap yang diklaim berasal dari titik jatuhnya pesawat.

"#pesawat jatuh di jalan Jamin Ginting Simpang Perumnas Simalingkar medan," kicaunya.

Pesawat Herkules Jatuh Di Jalan Jamin Ginting Simpang Perumnas Simalingkar Medan


Cuitan serupa juga dituliskan oleh akun @ceritamedan. Akun tersebut mengunggah sebuah foto yang diklaim adalah pesawat militer yang jatuh.

Pesawat Hercules TNI (Lagi Latihan) Jatuh di Simalingkar, Medan

Akun @Karo_News juga menulis "Posisinya di depan BS Oukup, Pokok Mangga dekat Simp. Simalingkar"

Pesawat Hercules Jatuh Posisinya di depan BS Oukup, Pokok Mangga dekat Simp. Simalingkar

Hingga saat ini pristiwa tersebut masih diselidiki. Belum diketahui persis jenis pesawat yang jatuh, dan jumlah korban akibat kecelakaan tersebut.**

Sumber: Liputan6.com dan Cnnindonesia.com
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.