Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Peluang Calon Independen Pemilukada Siantar 2015

BECAKSIANTAR.COM - Bagaimana peluang calon independen di pemilukada Siantar kali ini? Secara langsung maupun tidak langsung, ikut berkiprahnya calon independen dalam pemilukada akan memberikan warna konstelasi politik di Siantar. Hal ini terjadi karena partai politik bukan lagi menjadi satu-satunya jalan menuju kursi kekuasaan dan perebutan pengaruh dukungan di masyarakat tidak hanya terpola melalui jalur partai.

Peluang Calon Independen Pemilukada Siantar 2015

Diprediksi, hanya pasangan calkot - cawalkot yang didukung oleh tim sukses yang handal dan tersebar keseluruh penjuru siantar serta didukung oleh sumber dana yang kuat yang akan memenangkan pemilukada kali ini. Tidak pandang itu dari jalur partai maupun jalur independen, semua mempunyai peluang yang sama.

Namun jika mesin politik partai berjalan dan partai mampu mengoptimalisasikan fungsi-fungsi strukturalnya, maka calon independen akan kalah gesit dan kalah cepat dalam mendulang dukungan dari rakyat. Bisa jadi, publik akan lebih percaya dengan calon-calon partai ketimbang calon independen. Contoh yang bisa kita ambil adalah pemilihan Presiden Amerika Serikat. Karena sangat kuatnya kelembagaan Partai Republik dan Partai Demokrat hampir tak memberikan peluang kemenangan bagi para calon independen.

Akan tetapi bila mesin politik partai tidak berjalan baik dan bahkan kredibiltas partai cenderung menurun, maka otomatis calon independen bakal diminati oleh masyarakat.

Hal lain yang bisa dijadikan peluang untuk mengeruk dukungan oleh calon – calon independen adalah adanya kejenuhan masyarakat akan kondisi pemerintahan daerah yang sedang berlangsung sekarang. Yakni jika sekiranya incumbent yang dalam pemerintahannya sekarang banyak sekali mendapatkan kritik dan sorotan tajam dari masyarakat, misalnya karena maraknya kasus korupsi dan kemudian si incumbent maju kembali ikut berpartisipasi dalam pemilukada, maka otomatis hal ini menjadi kekuatan dan amunisi tambahan bagi calon independen. Karena partai pengusung sang incumbent memikul citra untuk kerja buruk incumbent yang disorot oleh masyarakat tersebut.***

Penulis: Pardamean Benhard Silalahi
Group Facebook Group Anak Siantar (GAS)
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.