Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Belum Sah ke Siantar Kalau Tidak Naik BSA

BECAKSIANTAR.COM - Belum sah rasanya apabila ke Kota Siantar namun belum merasakan becak Birmingham Small Arm (BSA). Yaps, itu dikarenakan cuma di kota terbesar kedua ini motor BSA buatan Inggris.

Belum Sah ke Siantar Kalau Tidak Naik Becak Siantar BSA
Tribunnews
Perusda Tawarkan Keliling Siantar Naik Becak BSA

Bagi Anda yang sudah pernah ke Sumatera Utara khususnya Kota Siantar pasti sudah pernah mendengar becak BSA Siantar dan sudah pasti Anda sebagai pendatang langsung menaiki becak yang cuma ada di Kota Siantar tersebut.

Becak Siantar berbeda dengan becak-becak lain di Indonesia karena memiliki keunikan tersendiri. Becak Siantar menjadi terkenal karena ditarik motor besar tua bermesin 350 CC sampai dengan 500 CC yang biasa dipakai kendaraan sepeda motor Harley Davidson.

Jhoni, Anggota Komunitas Pelestari Becak Siantar menuturkan Becak Siantar merupakan peninggalan dari penjajah yang pernah menjajah Kota Siantar, yang juga digunakan orang Belanda pada masa itu sebagai alat transportasi.

"Becak Siantar memiliki roda tiga dan merupakan sepeda motor yang sudah langka. Inggris, sebagai pembuat motor BSA hanya memiliki sekitar 800 unit, Australia 400 unit, Firlandia 250 unit, sedangkan di Pematangsiantar adalah lokasi terbanyak yang masih memiliki sekitar 1000 unit," katanya.

Secara umum, motor BSA masuk ke Indonesia pada masa peralihan tentara Jepang ke tentara Sekutu (Belanda-Inggris). BSA kemudian menyebar ke daerah-daerah jajahan Belanda, termasuk ke Siantar.

Sumber: TribunnewsMedan
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.