Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Inilah Cerita Tentang Kota Pematangsiantar

BECAKSIANTAR.COM - Pematangsiantar? Anda pernah mendengarnya? Tentu ia, bila Anda berasal dari kota ini. Bagaimana bila Anda bukan berasal dari kota ini? Tentu bagi Anda sangat asing bahkan tidak pernah mendengar sama sekali. Kami ingin memberitahukan mengenai Kota Pematangsiantar ini kepada Anda, bahwa Kota Siantar (sebutan singkat dari Pematangsiantar) merupakan sebuah kota yang telah banyak melahirkan pemimpin-pemimpin di republik Indonesia. Sebut saja Adam Malik, mantan Menteri dan Wakil Presiden RI dimasa pemerintahan Soeharto adalah putra terbaik bangsa asli kelahiran dari Kota Pematangsiantar. Dan bukan hanya Adam Malik saja, masih banyak lagi tokoh-tokoh negarawan yang di lahirkan dari kota ini.

Inilah Cerita Tentang Kota Pematangsiantar
Jalan Merdeka, salahsatu jalan utama di Kota Siantar. (Foto: www.metrosiantar.com)

Disini kami tidak menceritakan siapa saja yang telah dilahirkan dari kota pendidikan di Sumaera Utara ini, disini kami hanya menceritakan sedikit tentang kota Pematangsiantar. Anggaplah ini sebagai promosi singkat tentang Kota Siantar sebagai bahan referensi Anda, Sobat Traveller.

Pematangsiantar atau biasa disebut Siantar yang merupakan kota terbesar di Provinsi Sumatera Utara setelah Medan memang memiliki lokasi yang strategis karena letaknya yang dilalui Jalan Raya Lintas Sumatera. Kota yang berjarak 128 km dari Medan ini juga sering menjadi jalur perlintasan menuju Danau Toba. Jadi kalau Anda Mau ke Danau Toba harus melewati kota Siantar dulu.

Pesona Wisata Danau Toba Yang Indah
Siapapun tak akan menolak menikmati keindahan danau toba di Taman Simalem Resort, sumber foto TXtravel.com

Bila sobat traveler ke Medan atau melintasi Siantar jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi tempat wisatanya yang tidak kalah menarik dari kota-kota lain di Indonesia, diantaranya seperti Vihara Avalokitesvara, Kebun Teh Sidamanik, dan Air Terjun Bah Butong.Berlibur ke suatu tempat belum lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner lezat yang ada di kota tersebut termasuk di Siantar. Berikut tempat yang bisa sobat traveler kunjungi untuk sekedar memanjakan lidah di Pematangiantar:

Kedai Kopi Kok Tong
Kedai Kopi Kok Tong merupakan kedai tertua di Siantar yang menurut informasi telah berdiri sejak tahun 1925. Kedai kopi ini terletak di Jalan Cipto 115 Siantar yang juga berada tak jauh dari Toko Roti Ganda.

Cerita Tentang Kota Pematangsiantar - Kedai Kopi Kok Tong
Kedai Kopi Kok Tong Kota Pematangsiantar Sumut. (Foto: Tribunnews.com)

Di Kedai Kopi Kok Tong, sobat traveler dapat menemukan berbagai kopi seperti kopi susu, kopi robusta, dan makanan penggaanjal perut seperti mie ayam, bubur, dan bakpao. Yang wajib Anda coba di kedai ini adalah kopi robustanya yang sedap.

Kedai Kopi Sedap
Kedai Kopi Sedap merupakan salah satu kedai yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi di Siantar. Kedai yang termasuk legendaris dan sudah berdiri sejak tahun 1939 ini terletak di Jalan Sutomo No.97 Siantar.

Cerita Tentang Kota Pematangsiantar - Kedai Kopi Sedap
Kedai Kopi Sedap Kota Pematangsiantar Sumut

Kedai Kopi Sedap memiliki rasa kopi yang tidak terlalu pekat dan pahit namun efeknya tetap dapat membuat mata tahan melek. Kedai yang juga dikenal sebagai pemasok selai srikaya ini dapat menjadi pilihan asyik untuk menikmati secangkir kopi bersama kawan-kawan. Tak ada salahnya juga untuk mencoba roti bakar selai srikaya sebagai teman menikmati kopi hitam maupun kopi susu.

Toko Roti Ganda
Toko Roti Ganda merupakan toko legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1979. Toko yang terletak di Jalan Sutomo No.89 Siantar ini menawarkan roti oles dengan ukuran kecil hingga besar yang diberi olesan selai srikaya, krim, atau pun meses coklat. Anda dapat memilih olesan sesuai selera. Toko yang tak pernah sepi oleh pembeli ini selalu menyajikan roti yang fresh dan menariknya lagi roti disini dibuat tanpa bahan pengawet namun tetap dapat bertahan lama.

Cerita Tentang Kota Pematangsiantar - Toko Roti Ganda
Toko Roti Ganda Pematangsiantar, Sumut (Foto: jobanoe.blogspot.com)

Cerita Tentang Kota Pematangsiantar - Roti Ganda Si Legendaris dari Pematang Siantar - Oleh-oleh Khas Pematang Siantar
Roti Ganda Si Legendaris dari Pematang Siantar - Oleh-oleh Khas Pematang Siantar (Foto: ksmtour.com)

Kebun Teh Sidamanik
Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan dan sejuknya udara di tanah Batak. Perkebunan Teh Sidamanik tempatnya.

Wisata Kebun Teh Sidamanik, Cara Refreshing Hirup Udara Segar Sekalian Praktik Petik Daun Teh
Wisata Kebun Teh Sidamanik, Cara Refreshing Hirup Udara Segar Sekalian Praktik Petik Daun Teh (Foto: jalanjalan-coy.blogspot.com)

Kebun Teh Sidamanik merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menarik dan menjadi andalan wisata masyarakat Pemantangsiantar pada saat hari libur. Masyarakat sekitar juga sering menyebut kebun ini dengan sebutan Kebun Teh Bah Butong. Kebun teh ini sendiri adalah milik instansi pemerintah PTPN IV Medan. Perkebunan ini memiliki luas sekitar 8387 hektar yang telah ada sejak jaman kolonial Belanda dan merupakan perkebunan teh tertua di Pulau Sumatera yang masih ada sampai saat ini.

Perkebunan teh yang terletak di Kecamatan Sidamanik ini memiliki kontur berbukit-bukit. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah tanaman teh berwarna hijau bagaikan permadani yang menyejukkan. Udara di kawasan kebun teh ini juga sangat sejuk, cocok sebagai tempat melepas kepenatan.

Disini sobat traveler dapat berjalan menyusuri jalan setapak diantara hamparan tanaman teh sambil berfoto-foto dan berburu obyek jepretan yang menarik. Di beberapa titik kawasan kebun teh, Anda dapat menemui para petani teh yang sedang memetik pucuk-pucuk daun teh. Bila tertarik, kalian juga dapat berlajar kepada para petani untuk memetik daun teh, memilih daun teh yang berkualitas, sampai mengetahui cara berkebun teh.

Penasaran kan gimana keindahan asli pemandangan di kebun teh ini?

Pesona Patung Dewi Kwan Im yang Tertinggi di Asia Tenggara
Klenteng Vihara Avalokitesvara yang berada di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, kerap kali ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat untuk berwisata religi. Keunikan dari klenteng tersebut ialah tak lain karena terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter, dan merupakan yang tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Cerita Tentang Kota Pematangsiantar - Pesona Patung Dewi Kwan Im yang Tertinggi di Asia Tenggara
Pesona Patung Dewi Kwan Im yang Tertinggi di Asia Tenggara

Sosok Dewi Kwan Im adalah sosok seorang dewi cinta kasih sayang yang selalu dipuja oleh umat Buddha. Sejarahnya, Dewi Kwan Im merupakan Bodhisattva atau calon budha, yakni manusia yang hampir mencapai kesucian dan kesempurnaan. Selain itu, patung yang berdiri sejak tahun 2005 ini menjadi salah satu objek andalan pariwisata Kota Pematangsiantar. Terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang dari negeri seberang yang ingin melihat kemegahan patung Dewi Kwan Im.

Patung Dewi Kwan Im tersebut terbuat dari batu granit dimana proses pengerjaannya dikerjakan langsung di Negara China.Dan proses pengerjaanya memakan waktu sekitar 3 tahun. Patung tersebut pun diberi penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) karena kemegahannya yang luar biasa.

Sangat mudah untuk menemukan Vihara Avalokitesvara, karena letaknya yang strategis dan berada di jantung Kota Pematangsiantar. Tepatnya berada di Jalan Pane, Kecamatan Siantar Selatan.

BECAK SIANTAR(BSA)
Kota siantar terkenal dengan Becak BSA nya dan Hanya satu-satunya Kota yang memiliki kenderaan BSA Peninggalan Perang Dunia ke II, oleh karena itu sangat perlu di pertahankan keutuhannya.. karena kenderaan ini adalah salah satu sejarah. jika kita singgah di kota Pematangsiantar

Cerita Tentang Kota Pematangsiantar - Becak Siantar Becak Terkeren di Indonesia
Becak Siantar Becak Terkeren di Indonesia

Jangan lupa untuk mencoba naik kendaraan Becak BSA ini.. setelah anda menaiki becak ini.. rasakan perbedaannya dengan menaiki kendaraan yang lain.. sangat berbeda sekali..

Sebenarnya masih banyak Cerita Tentang Kota Pematangsiantar, dan bila Anda tertarik ingin berinteraksi dengan Anak Siantar dari seluruh penjuru dunia? Silahkan bergabung di Forum Facebook Group Anak Siantar (GAS).

Nah,bagaimana sobat-sobat kami yang berada dimana saja, ternyata kota Pematangsiantar tidaklah seperti yang Anda pikirkan bukan?

Mari bila ada waktu luang dan rejeki Anda, silahkan berkunjung ke kota kami, Kota Pematangsiantar, Kota yang layak untuk Anda kunjungi. Salam. Tuhan memberkati. Horas.***
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.