Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Inilah SEJARAH Sepeda Motor BSA

BECAKSIANTAR.COM - BSA adalah pabrik sepeda motor terbesar di dunia,ternyata dimulai dengan hanya satu jenis perdagangan produksi pembuatan senjata Birmingham.Pada tgl 7 Juni 1861 sejumlah 14 orang pemburu dan pembuat senjata/Gunsmith, membentuk perusahaan pabrik Birmingham Small Arms Company Limited.

Konvoi Becak Siantar dengan Mesin Motor BSA di Pematangsiantar
Konvoi Becak Siantar dengan Mesin Motor BSA di Pematangsiantar (Foto: WartaGAS.com)

Tujuan awal mereka adalah untuk membuat senjata oleh mesin/pabrik bukan buatan tangan/manual. Tahun 1863 pabrik baru mereka di suatu lokasi lahan hijau seluas 25 hektar di Small Heath selesai.Di tahun 1863 BSA mendapat pesanan 20.000 senapan infanteri Turki.Tetapi pada Rapat Luar Biasa tanggal 30 September tahun 1863 Manajemen Perusahaan BSA berubah dimana hal ini juga berpengaruh terhadap operasional perusahaan yang akhirnya pada tahun 1879 pabrik ditutup selama satu tahun.Selanjutnya pada tahun 1866 mengakuisisi pabrik amunisi di Adderley Park, Birmingham,Inggris.

Dari tahun 1880 masuk ke pembuatan sepeda,membuat desain sendiri dari 1881.Antara 1888 dan 1893 itu mengkhususkan dirinya semata-mata untuk produksi senjata,pada tahun 1893 kembali era Indusri dengan pembuatan produk berbagai komponen lainnya/alat pertanian,pesawat dll.Di tahun 1906 mengambil alih Arms Nasional dan tempat Amunisi Perusahaan di Sparkbrook dan memperoleh Eadie Manufacturing Co Ltd dari Redditch pada tahun 1907.

BSA juga memproduksi komponen/sparepart sepeda motor untuk perusahaan lain tapi tidak sampai tahun 1903 mereka lakukan suplay itu. Pada tahun 1909 sebuah sepeda motor 233cc eksperimental,sepeda motor sabuk didorong dengan mesin pacu 3 ½ HP dan harganya £ 50 masuk ke dalam jajaran produksi BSA. Ini yang kemudian diikuti model lain dalam kapasitas yang berbeda termasuk rantai didorong model 'H'.

Pada tahun 1910 mengakuisisi Daimler Co Ltd dari Coventry.

Pada tahun 1916 perusahaan telah memproduksi tiga sepeda motor dasar. Selama meletusnya Perang Dunia I, perusahaan kembali untuk memproduksi senjata dan memperluas operasinya juga mereka menyediakan sepeda motor untuk Pasukan Ekspedisi Inggris. Setelah perang, pada tahun 1924, perusahaan mulai menjalin hubungan panjang dengan Kantor Pos Umum (GPO) memasok sepeda motor untuk layanan pengiriman telegram yang baru terbentuk. BSA terus memasok sepeda motor ke GPO sampai runtuhnya layanan ini.Sepeda motor yang paling terkenal digunakan adalah pasca perang dunia ke 2," Banten" dengan mesin dua tak yang populer dan merupakan sepeda motor ringan buatan Inggris.

Inilah SEJARAH Sepeda Motor BSA
Erizal Ginting - President BSA Owners Motorcycles Siantar (BOM'S) - Foto: Ist.

Pada tahun 1930-an BSA memproduksi Mobil beroda tiga dalam persaingannya dengan Morgan dan saloons depan hard roda dan drop-head coupe.Mobil itu diproduksi dalam jumlah kecil BSA 10 H.P,mobil yang versi yang lebih murah dari Lanchester dan Daimler 10 HP itu dilengkapi dengan roda gila cairan dan pra-pemilih gearbox.

BSA juga dijamin kontrak dengan Automobile Association (AA), Kepolisian dan Angkatan Darat lagi dalam Perang Dunia II untuk penyediaan sepeda motor.

Sepeda motor BSA lebih dikhususkan pada pengendara sepeda motor yang non olahraga.Mereka jarang benar-benar unggul dalam balap tapi berhasil membuktikan diri dan teruji paling depan tentang kehandalan dan ketahanannya di segala medan/lapangan dan dalam cuaca apapun.

Pada tahun 1924 empat sepeda motor BSA mendaki Gunung Snowdon di Wales dalam waktu kurang dari 25 menit. Pada tahun 1926 dua sepeda motor BSA,model S berkeliling dunia dalam 18 bulan.

Pada tahun 1927 BSA meluncurkan berbagai jenis Sloper, disebut demikian karena tata letak mesinnya miring. Pada rentang tahun 1930 mereka memiliki 16 model dari tunggal sampai ke Twin/kembar dari mulai CC d174cc ke 986cc . Namun resesi th 30-an memukul pabrik BSA untuk mengurangi produksi dan model disederhanakan guna memotong biaya.Kemudian pada tahun 1931 mereka memperoleh produsen Birmingham mobil, Lanchester.

Pada Perang Dunia ke dua perusahaan BSA berkembang terdiri dari 67 pabrik. Dalam Perang Dunia Kedua BSA memproduksi senapan, senjata Lewis, magazin dan peluru,membuat persenjataan serta membuat 126.254 buah sepeda motor jenis M20 498 cc,guna meng suplay sepeda motor tersebut untuk tentara kerajaan. Pada tahun 1943 Sunbeam dari Wolverhampton diambil alih,kemudian Ariel pada tahun 1944 dan New Hudson pada tahun 1940 ! Pada masa perang,pabrik di Small Heath terkena langsung oleh serangan bom Jerman pada bulan November 1940 dan ada banyak korban di antara para pekerja karena sebagian dari bangunan pabrik runtuh terbakar. Korban ada 57 orang yang bekerja di sana.

Setelah perang dunia ke 2 BSA mulai produksi model D 1 Banten/Bantam pada bulan Juni 1948 (Satu satunya desain tiruan/jiplakan dari DKW 125cc Union)suatu hal yang tak pernah dilakukan oleh BSA sepanjang sejarah berdirinya.Desain ini diperoleh dari perusahaan DKW Jerman Timur sebagai pampasan perang.

Tahun 1937 Walter Handley mengendarai BSA dengan kecepatan diatas 100mph (160 k / jam) pada trek balap melengkung. Prestasi ini membuatnya mendapatkan sebuah bintang emas yang kemudian menjadi ide oleh BSA dalam meluncurkan model sepeda motor berikutnya bernama Gold Star.Gold Star menjadi roadster yang sangat populer dalam dunia balapan dan tetap diproduksi dari tahun 1942 sampai tahun 1963.Pada 1944,perusahaan sepeda motor Ariel dibeli oleh BSA dan model KH 500 cc diproduksi, bersama dengan Huntmaster yang lebih kuat, yang memiliki mesin BSA A10 650 cc yang dimodifikasi. Huntmaster terbukti handal dan mampu menempuh jarak 100 mil per jam (160 km / h),sehingga menjadi populer bagi para penggemar sespan.

Akhir 1949 diperkenalkan model A7 (500cc) dan kemudian A10 (650cc). Berbagai jenis model A diproduksi dengan nama melegenda seperti Golden Flash disusul Super Flash lalu Road Rocket. Sebuah model yang sangat sederhana dalam tampilan,harga yang terjangkau pada jamannya, tidak boros serta dapat diandalkan merupakan alasan utama bagi mereka untuk tetap populer. Model A menjadi desain merek dagang dari BSA.Kemudian di tahun 1962 mereka telah diganti dengan A50 (500cc) dan A65 (650cc). .Pada tahun 1951 BSA mengambil alih perusahaan Sepeda Motor Triumph di Meriden, pengambil alihan yang mereka lakukan ini,di kemudian hari akan jadi penyesalan sebab membawa kematian/kebangkrutan kedua perusahaan.

Pada tahun 1953 BSA Sepeda Motor Ltd dibentuk untuk menjaga produksi sepeda motor terpisah dari anggota kelompok produksi lainnya. Pada saat itu ada 12 model sepeda motor sedang diproduksi.

Erizal Ginting - President BSA Owners Motorcycles Siantar (BOM'S) - Motor BSA Model Golden Flash 1952
Erizal Ginting - President BSA Owners Motorcycles Siantar (BOM'S) - Foto: Ist.

Semuanya itu tidak juga mampu berkembang,model yang memprihatinkan. Kedua Dandy stroke kurang bertenaga dan cenderung terlalu panas sehingga ditarik dari pemasaran sebelum waktunya. Skuter Beeza bahkan tidak pernah berhasil sampai ke ruang pamer, tampaknya semuanya bermuara karena perseteruan antara manajemen Ariel, Triumph dan BSA dalam satu perusahaan.Pada tahun 1956,Jack Sangster (yang saat menjual Ariel dan Triumph kepada BSA sebenarnya tidak sekedar menjual tetapi bergabung di dalamnya) berhasil mengalahkan pimpinan BSA incumbent Sir Bernard Docker dengan skor telak 6 banding 3. Sebagai pimpinan, Jack Sangster mengangkat Edward Turner sebagai kepala divisi otomotif yang membawahi Ariel, Triumph, dan BSA. BSA sendiri kemudian memutuskan menutup pabriknya pada tahun 1963 untuk memindahkan produksi ke Small Heath.

Pada tahun 1957 Edward Turner diangkat kepala divisi otomotif BSA. Model C15 250cc diluncurkan pada 1954 dan bukti Triumph baru versus strategi BSA terbukti pada mesin karena hanyalah Cub Triumph badged.

Pada tahun 1960 BSA berada dalam masalah keuangan maka divisi mobil dan bus dijual kepada Jaguar Mobil Ltd.
Penunjukan Sturgeon Harry sebagai MD dipandang sebagai langkah maju namun masa jabatannya tidak lama oleh karena menderita penyakit dan ia pensiun pada 1966. Penggantinya ternyata tidak banyak tahu dan mengerti tentang sepeda motor, maka dari titik point inilah kita dapat memetakan awal penurunan dan kemunduran BSA.

Pada tahun 1968, mesin baru Rocket Three Triple 750cc roket diluncurkan di Amerika Serikat dan pada tahun 1969 di Inggris.

Pada tahun 1971 BSA mencatat kerugian yg begitu telak dan oleh karenanya diusulkan untuk menutup pabrik BSA Small Heath dan mentransfer produksi semua untuk Triumph di Meriden. Ada perubahan menit terakhir dari pikiran, tetapi itu benar-benar terlambat bagi perusahaan pada tahap ini dan pada 1973 kelompok BSA dijual kepada Norton Villier untuk membentuk Triumph Norton Villier itu (NVT). Dua bulan kemudian ketua NVT, Dennis Poore, ditangani industri sepeda motor Inggris pukulan fatal dengan mengumumkan Triumph yang akan menutup dan produksi akan tetap di Small Heath.Dia tidak dihitung dengan militansi tenaga kerja para pekerja,hal ini berlangsung berlarut-larut selama 10 tahun. Akhirnya, kerugian total dan pabrik sepeda motor terbesar dunia dan produksi sepeda yang terakhir pada malam Natal 1975.

Setelah itu beberapa perusahaan yang tadinya bahagian dari pabrik BSA,sebuah perusahaan sangat kecil sepeda motor yang berbasis di Southampton menggunakan nama BSA.

Perlu dicatat bahwa Senjata/senapang angin BSA masih ada dari unit produksi sespan di Jalan Gudang Senjata,Small Heath.

Dicycle/siklus BSA
Mesin pertama yang diproduksi oleh BSA ternyata adalah DICYCLE, mesin tiga roda aneh yang ditunjukkan oleh penemunya, Bapak Otto, di meja ruang dewan di Jalan Gudang Senjata. Perusahaan memutuskan untuk bergabung dengan kereta sepeda ini,ketika penjualan senjata menurun di tahun 1870-an. Dicycle dipamerkan di Museum Nasional di Siklus Llandrindod Wells.

Pada tahun 1908 AE Wills mengalahkan rekord dunia jarak satu jam dengan siklus BSA. Jarak dari 61 kilometer, 972 meter berarti dia adalah pengendara sepeda pertama yang melebihi lebih dari satu mil satu menit, lebih dari satu jam. Siklus BSA digunakan dalam Coventry Transport Museum.

BSA pada satu periode Hercules Siklus Aston yang manufaktur siklus dan badging mereka sebagai produk BSA juga.

Perusahaan Sepeda BSA dijual ke Raliegh Industries of Nottingham pada tahun 1957. Sepeda dengan nama BSA yang saat ini diproduksi dan didistribusikan di Negara India oleh Siklus TI.


By: Erizal Ginting - President BSA Owners Motorcycles Siantar (BOM'S)
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.