Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Kebanggaan Anak Siantar Ketika Becak Siantar BSA Jadi Icon Kota Pematangsiantar

BECAKSIANTAR.COM -Tgl 15 Oktober 2016 yang lalu, Tugu Becak Siantar BSA telah diresmikan. Tugu Becak Siantar ini menjadi Icon Kota Pematangsiantar. Kehadiran Tugu Becak Siantar, menjadikan Anak Siantar di seluruh dunia merasa bangga dan bahagia. Yah... Anak Siantar Bangga.

Kebanggaan Anak Siantar Ketika Becak Siantar BSA Jadi Icon Kota Pematangsiantar
Kebanggaan Anak Siantar Ketika Becak Siantar BSA Jadi Icon Kota Pematangsiantar

Ikon Antik, Tugu Becak Siantar Diresmikan
Siapa tak mengenal Becak Siantar? Ikon antik yang ada di salah satu kota di Sumatera Utara itu kini telah diabadikan dengan dibangunnya sebuah Tugu Becak Siantar, dimana peresmiannya dihelat saat bersamaan perayaan HUT ke-10 Birmingham Small Army (BSA) Owner Motorcycles Siantar (BOMS) di lapangan Adam Malik, Pematang Siantar, Sabtu (15/10).

Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, becak Siantar yang sudah dikenal luas dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Untuk itu mestinya harus dikembangkan.

“Becak Siantar kini menjadi ikon tersendiri bagi Kota Pematang Siantar. Peluang ini harus dimanfaatkan masyarakat, terutama para pengrajin dengan membuat aneka suvenir,” kata Erry.

Ikon Antik, Tugu Becak Siantar Diresmikan
Tugu Becak Siantar Diresmikan tgl 15 Oktober 2016

Erry mengapresiasi pemerintah Kota Pematang Siantar, khususnya BSA Owner Motorcycles (BOMS) dan semua pihak yang telah bekerja keras bagi terbangunnya tugu becak siantar sebagai ikon Kota Pematang Siantar yang merupakan warisan colonial itu.

“Becak Siantar sudah dikenal diseluruh pelosok dunia, sebab BSA (Birmingham Small Army) dulunya digunakan sebagai kendaraan perang. Kini, Siantar satu-satunya berhasil merawat motor yang dijadikan becak pengangkut orang tersebut dan hanya tinggal 260 an unit saja di Siantar ini,” katanya.

Erry menyarankan, dalam konsep pengembangan kepariwisataan, Becak Motor Siantar boleh diselaraskan dengan keberadaan objek wisata Danau Toba. Misalnya menjadikan BSA sebagai moda angkutan khusus wisatawan dari Siantar.

“Bisa saja, becak Siantar dioperasikan khusus mengangkut wisatawan menuju Parapat, Danau Toba pulang pergi. Ini memiliki ciri khas tersendiri,” ujarnya.

Indro Warkop, mewakili biker nasional pada kesempatan itu mengajak kalangan bikers untuk turut terlibat dalam pembangunan. Ia menyebutkan, kalangan bikers adalah kelompok yang juga memiliki aspirasi dan ingin berkontribusi.

“Bikers bukan gengster, bikers punya aspirasi dan ingin punya andil dalam pembangunan, khususnya pembangunan daerah,” kata Indro.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Pj Wali Kota Pematang Siantar Jumsadi Damanik, Presiden BOMS Erizal Ginting, sejumlah FKPD Siantar, perwakilan biker Singapura Kumar S, dan ribuan biker.

Acara tersebut juga meraih piagam rekor MURI karena telah memecahkan rekor Konvoi Becak Motor Antik Satu Merek Terbanyak.


Becak Siantar Pecahkan Rekor MURI
Konvoi becak Siantar atau BSA dalam HUT BSA Owner Motorcycles Siantar (BOM'S) ke-10 yang digelar di Pematangsiantar, Sabtu (15/10/2016), tercatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai “Konvoi Becak Motor Antik Satu Merek Terbanyak”

Becak Siantar Pecahkan Rekor MURI
Perwakilan MURI serahkan sertifikat kepada Presiden BOMS Erizal Kusuma Ginting di Lapangan Parkir Pariwisata Jalan Merdeka, Pematangsiantar, Sabtu (15/10/2016). (Foto: Kompas.com)

Awalnya MURI mencacat konvoi Becak Siantar itu terbanyak di Indonesia, tetapi setelah melihat langsung, ternyata terbanyak di dunia.

Presiden BOM'S, Erizal Kusuma Ginting menerima langsung sertifikat dari MURI itu didampingi Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi serta Penjabat Walikota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik.

Mereka menerimanya usai menarik selubung merah tanda diresmikannya Tugu Becak Siantar sekaligus menandatangani prasasti serta melepas konvoi ratusan BSA keliling Kota Pematangsiantar.

“Saya menilai ini merupakan inovasi dan prakarsa luar bisa dari orang-orang Siantar dalam memodifikasi motor BSA yang merupakan pampasan perang menjadi becak. Karena memang hanya tinggal di Kota Pematangsiantar, becak bermotor merek BSA dan sejenisnya yang merupakan warisan perang dunia yang masih beroperasi dengan baik,” kata Tengku Erry Nuradi.

Gubsu menilai, beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk dukungan masyarakat dan Pemko Pematangsiantar terhadap kawasan Danau Toba sebagai “Monaco of Asia” yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo. Pematangsiantar terletak sangat dekat dengan DanauToba.

Gubsu mengajak Pemko Pematangsiantar bekerjasama untuk menggelar acara wisata secara konsisten dan teragenda.

“Kalau setiap kabupaten kota punya acara wisata konsisten dan teragenda maka akan mendorong pengembangan wisata Sumatera Utara,” kata dia.

Video Detik-Detik Peresmian Tugu Becak Siantar Kota Pematangsiantar


Editor; Tim BS
Sumber: Kompas.com, Kedaipena.com
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.